Posts

Showing posts from August, 2018

Pengalaman Menerbitkan Buku Melalui Nulisbuku

Image
Menerbitkan buku adalah salah satu  impian terpendam saya sejak saya berkuliah. Awalnya kan karena nulis blog ini banyak respon yang dateng kayak nanya-nanya gitu. Meskipun kelihatannya sepele, ternyata saya seneng banget tiap kali nerima respon atau pertanyaan dari pembaca. Apalagi kalo tau ternyata apa yang kita tulis itu bermanfaat buat orang lain. Sejak saat itu lah terpikir buat nerbitin buku. Awal pulang ke Indonesia, saya utarakan keinginan ini sama mama. Kakek saya kan emang sebelumnya pernah nerbitin buku secara mandiri melalui salah satu percetakan di Surabaya. Nah ternyata biayanya nggak murah, bisa sampe puluhan juta. Tergantung berapa eksemplar juga sih tapi kalo nyetak gitu kan nggak bisa dikit. Shock lah saya dengernya hahaha duit dari mana itu. Akhirnya saya urungkan deh niat untuk nulis dan nerbitin bukunya. Terus suatu hari waktu saya lagi baca koran metropolis Jawa Pos, ada artikel yang nulis tentang penerbit indie alias penerbit mandiri. Penerbit indie ini nggak …