ESQ - The Mystery of Success

Mungkin udah nggak asing denger ESQ 165 punyanya Ary Ginanjar kan? Aku tau ESQ ini udah lebih dari 10 tahun yang lalu, jaman-jaman SMP pernah ikut jadi peserta maupun jadi relawan panitia karena diajakin temen yang kebetulan keluarganya aktivis disana. ESQ ini semacam training kepemimpinan yang menitikberatkan pada sisi spiritual kita. Kalau mau tau lebih lengkapnya bisa dicek di website ini ya.


Nah setelah bertahun-tahun nggak pernah ikut acaranya ESQ lagi, bulan Mei kemarin ada yang ngajakin ikut training ESQ yang dikemas cuma 2 jam saja sehingga harganya pun lebih terjangkau. Temanya adalah "The Mystery of Success" dan disampaikan langung oleh Bapak Ary Ginanjar. Tempatnya kalau di Surabaya itu di Square Ballroom ICBC. Training yang saya ikutin kemarin itu angkatan pertama atau kedua gitu (maaf lupa wkwk) yang diadain di Surabaya. Jadi memang training singkat dengan tema ini kayaknya sih proyek baru dari ESQ yaa. Saya mau share beberapa poin yang saya catat selama mengikuti training The Mystery of Success ini. Meskipun dikit semoga bermanfaat ya :)


  • Hal yang dibutuhkan orang untuk sukses:
  1. Ilmu
  2. Network 
  3. Mentor

  • Jangan remehkan kekuatan dari gerak! Ada teori yang berbunyi "motion to emotion", bahwa gerakan bisa mempengaruhi aspek emosi seseorang. Pak Ary memberikan contoh yaitu sholat, kita "bergerak" ketika sholat.

  • Gimana sih biar sukses itu? Analoginya seperti kita naik mobil, harus tau mobil mau kemana dan harus bisa mengemudi (tau rem gas). Jadi yang pasti kita harus tau dulu tujuan kita apa, apa yang menjadi definisi sukses kita, apa yang mau kita capai, kenapa kita harus sukses, dan seberapa penting artinya kesuksesan itu bagi kita. Setelah itu kita harus mencari dan mengetahui caranya untuk mencapai kesana.

  • Sikap mental agar sukses : gerak-kata-fokus
Tarik nafas dalam-dalam dan lepaskan. Lalu lakukan suatu gerakan yang Anda suka, yang penting bisa bikin semangat. Iringi dengan kata-kata positif, seperti "saya bisa". Terakhir fokuslah pada target Anda atau masalah yang Anda hadapi.

  • Peristiwa + reaksi = hasil
Peristiwa bisa sama, tapi reaksi atau respon kita terhadapnya bisa menghasilkan hasil yang berbeda. Apapun yang kita putuskan dan kita lakukan, 100% merupakan tanggung jawab kita. Jangan menyalahkan orang lain atau keadaan.

  • Inside out
Ada 7 kebutuhan manusia : kepastian, tantangan, pengakuan, relasi dan cinta, pertumbuhan, kontribusi, serta spiritual. Orang biasanya mengejar dari luar dulu, yaitu kepastian, lalu berlanjut ke poin lainnya, dan terakhir (dan seringnya terlupa) baru memikirkan aspek spiritual. Padahal kalau tujuan hidup salah, semua poin tadi tidak akan ada habisnya dan manusia cenderung tidak pernah merasa puas. Jadi, kenalilah diri sendiri dulu seperti apa tujuan hidup kita, dan gali aspek spiritual dalam diri kita. Lalu bergeraklah ke poin di sebelahnya yaitu kontribusi, dan seterusnya hingga kepastian dapat tercapai.  

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!