EaZy Cooking Baking

Untuk pertama kalinya, saya ikutan kursus "memasak beneran" yang diajar oleh chef professional di EaZy Cooking Baking atau yang biasa disingkat EZ. EZ ini ada di Jalan Darmo Boulevard, kalo ke arah Pakuwon Mall kita harus puter balik. Letaknya di lantai 2 Hartono Mall karena ternyata EZ ini punyanya si Hartono Electronics. Nggak nyangka kan juragan elektronik buka tempat kursus masak?


Awalnya tau kelas kursus masak ini dari postingan instagramnya Achmadaris Udagawa Patisserie. Patisserie ini awalnya buka di Kediri lalu mulai taun lalu buka di Little Tokyo yang ada Pakuwon Mall. Nah apa yang spesial dari toko kue ini kok saya sampai nge-follow akun instagramnya? Owner dari patisserie ini orang asli Indonesia yang belajar bikin kue di Tokyo terus kerja profesional sebagai chef di Jepang selama beberapa tahun. Dan ternyata dia punya istri orang asli Jepang yang berhijab. Pas saya mampir ke toko kuenya pun sukses bikin saya kangen sama kue-kue Jepang yang lembut. seger, dan nggak terlalu manis pokoknya enak bangeet. Karena mereka muslim (dan saya pernah nanya sendiri juga tentang halal nggaknya) saya jadi yakin buat makan kue-kue patisserie bikinan mereka. Nah suatu hari di akun instagramnya, mereka ngeposting kalo Chef Aris bakal berbagi ilmu bikin patisserie-nya di EZ. Kelasnya Chef Aris juga masuk kelas promo buy 1 get 1. Jadi kalo kita ikutan 1 kelas bonus ikutan kelas 1 kelas lagi. Di EZ ini harga 1 kelasnya 300ribu, berarti kalo saya ikutan promo ini dengan 300ribu bisa ikutan 2 kelas. Lumayan banget kan promonya secara semua alat dan bahan disediain sama mereka. Makanya saya tertarik banget dan akhirnya daftar ikutan hehe. Selain kelas Chef Aris ada banyak kelas chef profesional lainnya dan harga paketannya bisa dicek langsung di akun instagram EZ Cooking Baking. Chef yang ngisi di EZ macem-macem, mulai dari yang terkenal kayak Chef Juna pernah ngisi disana sampe chef bule juga ada.
       
Bukan sekali dua kali sebenernya ikutan demo masak atau bikin kue kayak gini soalnya pas di Jepang beberapa kali ikut demo bikin mochi atau masakan Jepang lain. Yang bikin beda adalah ambience atau atmosfernya yang berasa professional banget hahaha. Saya ngerasa jadi chef beneran selama beberapa jam (chef gagal maksudnya :p). Tempatnya fancy banget dengan fasilitas yang lengkap. Di setiap meja ada layar dimana kita bias liat chef-nya lagi ngapain aja di depan secara live, peralatan masak yang komplit mulai dari mixer sampe oven, dan tidak lupa apron yang kece wkwk. Total kira-kira ada 20 meja yang tersedia. 


Untuk kelas pertama saya milih buat ikutan kelas "Gateau Fraise" alias strawberry shortcake. Ternyata bahannya sederhana banget dan kalo ngeliat cara bikinnya itu nggak susah. Tapi ternyata banyak cake yang hasilnya bantet, termasuk punya saya. Bisa dibilang cake saya gagal total hahaha bantetnya parah keras banget jadinya agak susah waktu mau motong cake-nya. Sedih banget padahal krimnya udah enak plus ada buah-buahan segernya juga. Analisis saya sih butter-nya waktu dicampur kurang hangat dan mungkin cara nyampur adonan saya salah. Untuk kelas yang kedua saya ikutan bikin "Mousse Au Raspberry". Awalnya saya kurang ngeh gitu kuenya ini model kayak gimana. Ternyata bikinnya lebih ribet disbanding bikin shortcake. Yang pertama bikin dacquoise atau cake yang jadi isian di dalemnya mousse. Nah si cake ini nanti dibalut sama mousse yang dicetak dan didinginin di freezer selama kurang lebih sehari. Karena waktu itu cuma didinginin sejam jadinya mousse bikinan saya udah meleleh semua waktu sampe di rumah wkwk. Mousse yang di dalemnya ada cake itu akhirannya dihias dengan glace raspberry jadi tampak luarnya itu kayak mengkilat kuenya. Alhamdulillah kali ini bisa dibilang mousse bikinan cukup berhasil haha.
*saya nggak ada foto kue hasil bikinan sendiri wkwkwk mirip2 lah :p*
Gateau Fraise (karya Chef Aris)

Mousse Au Raspberry (karya Chef Aris)
Kesimpulan ikutan kelas baking ini adalah gimana-gimana enakan makan disbanding bikin wkwkk. Ya ampun nggak nyangka selama itu harus berdiri berjam-jam cuma untuk bikin 1 cake. Padahal makannya habis dalam hitungan menit. Jadi paham kenapa cake-cake di toko patisserie itu mahal, karena selain bahannya yang udah mahal tenaga chefnya juga lumayan banget. Doakan saya semoga ada keinginan buat nyoba praktek bikin kue-kue ini di rumah ya :D

Comments

  1. Wuah enak-enak banget nih kue-kue nya. Senangnya ya bisa ikutan kelas baking gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya monggo mbak kalau tinggal di surabaya dan suka baking boleh banget ikutan kursus ini ^^

      Delete
  2. Ada kls kursus mochi ga ya?...pengen bisa buat ut.usaha k depannya...klo ada brp?..ditunggu infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan lihat di website nya langsung yaa https://ezcookingbaking.myhartono.com

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!