Graduation Ceremony

Penasaran nggak sih acara wisuda di Jepang kayak gimana? Aku nggak tau apa ceritaku ini sama kayak di kampus lain tapi kalau di Nagoya University beginilah keadaannya.



Jadi kalau di Meidai (sebutan Nagoya University) itu wisuda diadain 2 kali dalam setahun, pertama di bulan Maret buat mahasiswa musim semi lalu yang kedua itu di bulan September buat mahasiswa musim gugur. Kalo wisuda di bulan Maret berbahagialah karena biasanya wisuda di bulan ini bakalan rame karena hampir semua orang Jepang diwisuda bulan ini. Karena rame jadinya pihak keluarga atau temen nggak bisa masuk hall. Nah kalo wisuda di bulan September siap-siap bakal garing karena rata-rata orang asing yang diwisuda plus segelintir orang Jepang jadi sepi banget. Tapi bagusnya semua keluarga sama temen-temen plus dosen-dosen bisa masuk. Aku yakin nggak ada orang yang tau hari itu ada wisuda kecuali dia ndeketin Toyoda Hall dan liat ada papan kecil tulisan Graduation Ceremony  Fall 2016 wkwk *sedih* Tapi ya sudahlah disyukuri semuanya alhamdulillah bisa lulus dari Meidai tepat waktu :D

Hall nya dibuka mulai dari jam 10, jam 10.15 harus udah duduk di kursi, jam 10.30 dimulai. Terus lucunya kalo ada acara di Toyoda Hall ini sebelum mulai mesti ada pengumuman kalo gedung ini tahan gempa jadi kalo ada gempa harap tenang jangan panik dan ikuti instruksi yang ada.

susunan acara
Total acara nggak lebih dari 1,5 jam. Opening sama closingnya ditandai sama alunan musik Canon in D dimana rektor dan para dekan naik serta turun dari panggung. Lalu pemberian ijazah kepada perwakilan dari setiap fakultas untuk tiap jenjang bachelor,master,dan doctor. Jadi nggak kayak di Indonesia, di Meidai nggak semua mahasiswa maju hanya perwakilan (biasanya yang punya ipk tertinggi) yang nerima ijazah dari rektor. Masing-masing mahasiswa baru dapet ijazahnya di fakultas masing-masing. Oh iya di meidai (dan kayaknya jepang pada umumnya) nggak umum pake toga, toga dipake sama perwakilan aja tapi kadang juga nggak pake sih. Kalo untuk wisdua biasanya pada pake hakama (kimono buat wisuda), kalo nggak mau pake hakama bisa pake suit hitam putih atau baju negara masing-masing (untuk orang asing). Terus acara dilanjut pidato dari rektor, pidato dari lulusan terbaik, sama paduan suara. (video)


alhamdulillah bisa maju padahal statusnya nggantiin temen XD

banyak acara bungkuk bungkuk :p

G30 party
received gifts, kalo liat update an temen di indonesia hadiahnya bisa segudang ya wkwkk

Sempet kecewa dikit karena nggak bisa pake toga eh ternyata waktu ke fakultas buat penyerahan ijazah bareng temen-temen sejurusan kita diijinin buat pake toga! katanya kita beruntung soalnya jumlah kita pas cuma ada 3 (ceritanya toga yang dipinjemin juga cuma ada 3 biji hihi).

Begitulah cerita singkat tentang wisuda di Jepang. Look forward to what is going to happen in my next adventure. Wish me luck!!!

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!