Posts

Showing posts from October, 2016

Graduation Ceremony

Image
Penasaran nggak sih acara wisuda di Jepang kayak gimana? Aku nggak tau apa ceritaku ini sama kayak di kampus lain tapi kalau di Nagoya University beginilah keadaannya.



Jadi kalau di Meidai (sebutan Nagoya University) itu wisuda diadain 2 kali dalam setahun, pertama di bulan Maret buat mahasiswa musim semi lalu yang kedua itu di bulan September buat mahasiswa musim gugur. Kalo wisuda di bulan Maret berbahagialah karena biasanya wisuda di bulan ini bakalan rame karena hampir semua orang Jepang diwisuda bulan ini. Karena rame jadinya pihak keluarga atau temen nggak bisa masuk hall. Nah kalo wisuda di bulan September siap-siap bakal garing karena rata-rata orang asing yang diwisuda plus segelintir orang Jepang jadi sepi banget. Tapi bagusnya semua keluarga sama temen-temen plus dosen-dosen bisa masuk. Aku yakin nggak ada orang yang tau hari itu ada wisuda kecuali dia ndeketin Toyoda Hall dan liat ada papan kecil tulisan Graduation Ceremony  Fall 2016 wkwk *sedih* Tapi ya sudahlah disyuk…

Mama Goes to Japan

Image
Alhamdulillah berkat rejeki dari Allah akhirnya mama bisa dateng ke Jepang njenguk aku sebelum aku pulang. Giri giri made ne :p Tujuan utamanya buat dateng ke wisudaku di akhir September sekalian bantu-bantu packing haha maaf ya ma XD
Mama dateng tanggal 19 September pagi di Osaka. Sayangnya selama seminggu itu lagi ada banyak taifun di Jepang jadi nggak terlalu enak buat jalan-jalan. Tapi ya karena udah terlanjur sampe sana sayang banget kan kalau nggak jalan-jalan. Rencana awalnya aku pingin ngajak mama ke Osaka Castle, Dotonburi, sama USJ. Tapi gara-gara hujan deres, capek, dan bawaan banyak akhirnya kita cuma sempet ke Dotonburi sama USJ aja (USJ juga cuma foto-foto di depan kok wkwk). Oh iya buat pertama kalinya aku nyoba pakai airbnb buat cari inepan di deket Osaka Station. Alhamdulillah rejeki banget dapet yang murah cuma 3ribu yen tapi boleh untuk berdua. Dan kebetulan yang punya itu orang Indonesia yang nikah sama orang Australia tapi tinggal di Osaka. Bisa dicek disini ya ka…

Let's Explore Indonesia!

Udah sampe luar negeri, tapi di Indonesia aja belum kemana-mana. Kadang malu kalo ditanya orang luar nggak ngerti apa-apa tentang Indonesia, pernah kesini nggak pernah kesitu nggak,jawabannya kebanyakan belum pernah. Masalahnya mana-mananya Indonesia itu emang luas banget sih,nggak tau kapan bisa nyicip wilayah Indonesia satu-satu. Makanya ada cita-cita pingin keliling Indonesia,minim pulau-pulau gedenya pernah dikunjungi. Katanya sih aku udah pernah ke Sumatra waktu kecil, tepatmya ke Lampung soalnya ada saudara disana. Tapi ya itu nggak inget sama sekali. Kalo Kalimantan dulu udah pernah ke Balikpapan, Samarinda, sama Tenggarong.  Bali udah pernah dikunjungi beberapa kali. Kalau Jawa udah pernah ke macam-macam kota ya soalnya ayah suka nyetir jadi biasa dari Surabaya ke Jakarta naik mobil. Madura juga udah pasti pernah wkwk tapi kerjaan kalau ke Madura cuma ke rumah keluarga-keluarga sama ke makam, belum pernah eksplor alamnya *gimana sih* Sayangnya aku nggak punya dokumentasi yang…