Beasiswa oh Beasiswa (3)


Memasuki semester terakhir ini harapan buat dapet beasiswa semakin tipis. Tapi Allah nggak suka kan sama orang yang putus asa. Jadi meski dengan rasa super males dan eneg nyari info beasiswa tetep aja usaha buat dapet beasiswa nggak berhenti.
Sebenernya bingung juga harus gimana di semester ini soalnya beasiswa yang bisa didaftar keulang kayak semester 6 tahun lalu kan. Padahal sebagian besar beasiswa yang aku daftar tahun lalu gagal. Akhirnya aku putusin buat nyoba nanya info beasiswa yang aslinya emang udah ada sejak tahun lalu tapi nggak aku daftar karena lebih milih untuk daftar beasiswa yang lain. Yang pertama itu Hashiya Scholarship, beasiswa yang khusus buat pelajar di Indonesia. Kalau di Nagoya University, cuma satu orang yang bisa direkomendasiin dan tergantung fakultas mana yang dapet jatah tahun itu. Aslinya tahun lalu aku udah nanyain ke orang kantor bisa nggak daftar ini tapi katanya nggak bisa soalnya udah ada orang Indonesia yang direkomendasiin. Ternyata orang itu adalah kotirto hahaha baru diceritain kemarin,tapi dia juga nggak dapet sih akhirnya. Untuk tahun ini ternyata jurusan agriculture nggak dapet jatah lagi, yang dapet jurusan science. Hmm penasaran juga siapa padahal orang Indonesia yang kuliah di kampus rata-rata udah dapet beasiswa, tapi ya sudahlah. 
Setelah yang hashiya itu nggak berhasil, nanya lagi gimana kalau JASSO bisa daftar nggak. Sebenarnya itu kayak pertanyaan yang nggak butuh jawaban sih, soalnya katanya JASSO itu cuma bisa dapet sekali dan tahun lalu sama dua tahun lalu aku tanya mereka juga nggak ngerekomendasiin aku. Orang yang di bagian fakultas emang bilang kalau JASSO itu prioritas buat anak S2 atau S3. Tapi ya namanya aja usaha tetep aja tanya itu wkwk sambil dibantu prof G30 buat nanyain. Selain JASSO itu aku juga nanya Saito Ryoji Islamic Scholarship bisa daftar atau enggak karena beasiswanya buat setahun padahal aku disini cuma tinggal satu semester aja. Orang Saitonya bingung juga serba salah tapi mereka nggak ngelarang aku daftar, katamya coba aja. Beasiswanya kecil sih aslinya kurang dari 30rb yrn perbulan tapi ya tetep lumayanlah kalau bisa dapet. 
Oh iya sempet juga daftar assistance ke MSAJ, asosiasi pelajar muslim di jepang. Liat infonya di milis email kaget juga sih nggak pernah liat info ini sebelumnya (atau nggak perhatian). Terus daftar deh dan mereka telpon gitu buat konfirmasi keadaan kita gimana dan kira-kira butuh duit berapa. MSAJ sendiri juga telpon ke ketua organisasi Muslim tempat kita bernaung *ciee wkwk* Waktu itu aku ngasih kontaknya ketua KMIN (Komunitas Muslim Indonesia Nagoya), aslinya bisa juga ngasi kontaknya ICANU (Islamic Culture Association in Nagoya University) tapi aku nggak kenal sama ketuanya jadi nggak enak gitu. Pengumuman assistance dari MSAJ sendiri masih setelah lebaran,jadi lumayan lama waktunya dari yang pendaftaran bulan Februari sampe Juli nanti doakan ya dapet yang terbaik >.<
Oke kembali lagi ke beasiswa Saito Ryoji. Di tengah-tengah proses pendaftaran beasiswa Saito Ryoji ini aku dapet kabar dari sensei kalau aku direkomendasiin buat dapet support dari kampus. Sebenernya orang kantor pernah bilang tentang ini tapi masih belum jelas gitu. Duh susah banget dapet info di fakultas ini, heran juga nggak tau kenapa. Agak simpang siur gitu. Kata sensei peluang aku dapet gede banget jadi yang Saito Ryoji dipending dulu sekarang ngurus yang ini. Waktu dapet kiriman form pendaftarannya baru paham kalau support ini itu beasiswa Honors Scholarship dari JASSO. Berkasnya nggak banyak, waktu itu aku harus nyelesein dalam waktu sehari. Terus minggu depannya langsung wawancara. Dan yang ngewawancara itu sensei-sensei yang emang udah tau keadaanku gimana, maksudnya aku pribadi maupun sensei G30 lain pernah konsul sama mereka tentang kondisiku. Pertanyaan yang diajukan seputar penelitian di lab, kesulitan selama di Jepang, habis lulus mau apa, mau sekolah lagi apa enggak, punya temen Jepang apa enggak, dsb. Katanya pengumuman bakal dikeluarin secepatnya.
Akhirnya pengumuman keluar seminggu setelahnya dan alhamdulillaaah akhirnya aku dapet beasiswa JASSO ini...Emang nggak gede tapi insyaaAllah bakal membantu banget. Tinggal nunggu pengumuman dari MSAJ aja kayaknya ya. Oh satu lagu sih nunggu pengumuman keringanan spp dari kampus buat semester ini. Pengumumannya bakal awal september nanti. Kalau bisa dapet waaaah leganyaaa tinggal mikirin gimana bayar loan buat bayar spp setaun kemarin. Yosh bismillaaaah!
Oh iya info tentang Honors Scholarship dari JASSO kayaknya yang ini nih tapi itu emang kampus yang ngurus sih jadi sering-sering nanya ke kantor. Aku mikirnya bisa dapet ini juga mungkin orang kantor atau sensei-sensei udah males kali ya aku tanyain terus tentang beasiswa. Habis kerasa ngemis banget nih seriing banget ke kantor berkali-kali cuma buat nanyain beasiswa, sampe orang kantor kayaknya hafal namaku. Malu >.< tapi ya namanya juga ikhtiar kan...
Sedikit evaluasi dari pengalamanku ini kalau nggak dapet beasiswa yang menjamin bakal dapet sampe lulus lebih baik bikin banyak rencana buat ngadepin situasi terburuk. Harusnya waktu aku masih dapet beasiswa dari AEON dulu selama dua tahun itu aku tetep kerja part time buat nabung sebanyak-banyaknya. Dulunya mikirnya kan ya kalau dapet beasiswa ya fokus ke kuliahnya gitu kan, tapi setelah aku pikir-pikir sekarang selama masih bisa ngatur waktunya kenapa enggak buat tetep baito juga. Terus jangan menunda rencana karena mikir hal buruk nggak bakal terjadi ke kita. Waktu awal semester 6 kemarin aku nggak langsung tancap gas nyari baito soalnya mikir bisa lah ya dapet beasiswa lagi. Kayaknya aku terllau optimis atau terlalu pede ya wkwkk. Optimis memang harus optimis sama Allah tapi kayaknya kita tetep harus lebih siap dengan keadaan terburuk.
Sepertinya cerita tentang beasiswa berakhir disini karena setelah ini udah nggak ada beasiswa lagi yang bisa didaftar dan ini juga udah semester terakhirku. Kurang lebih sebulan lagi sidang terus September insyaaAllah wisuda. Doakan semua lancar yaa dan semua tanggungan bisa kelar sebelum aku pulang ke Indonesia aamiin. 
Semoga bermanfaat ^^ 



Comments

  1. Saya yang baca ikutan degdegan haha. Semangat kak bulan2 terakhirnya sbelum plg kesini!:D saya mau daftar beasiswa kayaknya susah banget-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sama-sama kak.
      Iyaa, baru coba monbukagakusho tp pengumuman seleksi berkasnya aja belum.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!