Hanami

Hanami (花見) yang berasal dari kanji 花 (hana=bunga) dan kanji 見(mi=melihat) merupakan budaya Jepang yang dikhususkan untuk menikmati keindahan bunga sakura di musim semi. Kehadiran bunga sakura di Jepang itu sangat ditunggu-tunggu lho sama orang Jepang. Meski mereka bisa lihat sakura tiap tahun tetep aja kalau ada sakura orang Jepang juga bakal moto-moto heboh nggak kalah sama orang asing yang baru pertama kali lihat sakura. Di TV bakal ada informasi tiap hari di daerah mana aja yang sakuranya udah mekar,semacam live update gitu. Sekarang info tentang mekarnya sakura juga bisa diupdate dari internet dan aplikasi di smartphone jadi orang nggak bakal ngelewatin mekarnya sakura di kota tempat tinggal mereka. Infonya mencakup kapan sakura mulai mekar, berapa banyak pohon sakura yang sudah mekar di tempat tertentu (udah seperempat, setengah, dst dari total pohon sakura yang ada disana), kapan full bloom nya (mankai), dan kapan mulai gugurnya.

Contoh website yang nampilin info tentang mekarnya sakura di Nagoya. Disitu tertulis kalo tanggal yang bagus buat ngeliat sakura antara 29 Maret-5 April dan full bloom nya tanggal 31 Maret. Ada website lain juga yang ngasi info update lebih detil sesuai spot-spot sakura yang terkenal 
Best hanami spot di Nagoya itu ada dua (menurutku) : Tsurumai park sama Yamazakigawa River. Aku udah pernah bahas dikit tentang Yamazakigawa di postingan tahun lalu dan kalo diperhatiin nih kayaknya di Nagoya tiap tanggal 31 Maret itu selalu full bloom. Kalau cuaca lagi cerah banget jangan sampe dilewatin buat hanami hari itu juga, tapi biasanya bakal rame banget makanya banyak orang Jepang yang bakal udah ngetag tempat dari shubuh sampe tidur-tidur disitu. Waktu hanami orang Jepang ngapain aja sih? Biasanya mereka nggelar tikar gitu trus duduk-duduk sambil makan, minum, ngobrol, main, dan yang pasti foto-foto.
bobok di bawah sakura
                                    

hanami
Sakura emang nggak bosenin buat dilihat. Jenis yang sering ditemuin itu yang warnanya putih, tapi kalau dari jauh diliat kadang keliatan bedanya, ada yang agak pink sama yang emang putih banget. Ada juga yang warnanya beneran pink sampe keunguan, itu yang aku liat di Takaoka station yang mekarnya lebih dulu. Waktu mekarnya cantik, waktu gugurnya juga cantik banget . Jadi keinget film galau 5cm per second nya Makoto Shinkai haha.



Terus nggak direncanain sih di hari yang sama tiba-tiba pingin liat sakura yang di light up waktu malem. Kapan lagi gitu mikirnya. It was my very first night hanami and it was crazy *lebay* Aku sama temen-temen balik ke Tsurumai Park lagi malemnya dan kita kaget banget waktu keluar dari stasiun itu tamannya udah penuuuh banget, lebih penuh dari pagi tadi. Dan isinya kebanyakan orang kantoran sama anak muda yang minum-minum sampe mabuk, teriak-teriak, joget-joget (? ) Bahkan di panggung yang ada di taman itu ternyata ada DJ nya segala gitu dan orang-orang jingkrak-jingkrak, berasa di klub -- Padahal kalo pagi tadi banyak kakek-nenek, anak-anak, dan di panggung isinya cuma orang main taiko.
light up sakura
Waktunya sakura mekar ini jadi peak season kalo mau travel ke Jepang. Karena sakura waktunya terbatas, paket tur sakura biasanya lebih mahal karena waktunya yang pendek dan semua orang lagi pada mau liat. Banyaknya orang asing yang dateng ke Jepang ini ternyata menimbulkan masalah. Salah satu stasiun tv yang aku liat ngesiarin rekaman meraka dimana disitu kita bisa liat banyak orang asing yang metik bunga sakura buat difoto, waktu foto-foto di deket sakura nggak hati-hati sampe ngerusak batang pohon sakuranya sampe patah, sampai membludaknya jumlah sampah. Harus hati-hati nih bisa-bisa nanti orang asing dilarang buat hanamian.
Sempet maen ke Inuyama Castle juga gara-gara dapet 18kippu dari senior, lumayan wkwk terus pas banget ada spring festival disana. Dan ternyata disana baguus banget sakuranya penuhh. Orangnya juga penuh sih sampe-sampe kalo mau masuk ke castle nya harus nunggu sejam. Aku lg males antri waktu itu jadi cuma foto-foto di sekitar sana aja. fyi Inuyama Castle itu kastil asli tertua di Jepang. Kastil ini belum pernah direnovasi dari dulu, jadi masih bentuk aslinya. Kalau kastil Jepang yang lain biasanya udah rusak/hancur waktu perang jadi dibangun ulang, misalnya Nagoya Castle itu terbakar waktu perang dunia II.
Spring Festival di Inuyama Castle
Kiso River seen from the castle
Inuyama Castle
path to the castle
PS: oh iya mungkin nggak semua orang suka sama musim semi soalnya dengan mekarnya bunga-bunga itu tanda bahwa musim kafunsho datang. Kafunsho itu alergi serbuk bunga dan biasanya kalo kena alergi ini mata bakal berair, pilek , dan batuk-batuk nggak berhenti. Meyiksa sih katanya apalagi biasanya alergi ini bertahan agak lama kira-kira sampe bulan Mei. Alhamdulillah meski udah 5 tahun disini nggak pernah kena kafun :D

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!