Conyac

                                                     

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu Conyac. Conyac adalah website yang mempertemukan antara pencari jasa penerjemah dan orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa serta mampu menyelesaikan pekerjaan terjemahan yang ditawarkan. Jadi kalau masuk ke website ini kita bisa memilih sebagai orang atau institusi yang menawarkan pekerjaan atau sebagai orang yang mencari pekerjaan yang nantinya akan mengerjakan proyek terjemahan yang ditawarkan. 
Saya pertama kali tahu Conyac dari teman yang kebetulan saat ini sama-sama sedang aktif kerja part-time. Katanya coba buka website ini, kerjaannya jadi penerjemah dan karena online jadinya kerjaannya bisa dikerjain dimana aja. Dia dapet infonya dari website Career Service Office (CSO) punya kampus. Akhirnya saya langsung akses website nya dan masuk ke bagian sign up as translator. Dari situ, kita bisa langsung bikin profile kita seperti nama dan kemampuan bahasa yang kita miliki. Setelah itu, pihak Conyac akan mengecek identitas kita dengan memverifikasi ID yang kita berikan ke pihak mereka. Biasanya verifikasi ini membutuhkan waktu beberapa hari dan selama kebenaran identitas kita belum dikonfirmasi maka kita belum bisa mulai bekerja.
Setelah identitas kita dinyatakan oke, kita bisa mulai “menjual” diri kita dengan membuat “produk” di bagian My Product. Disitu kita bisa menuliskan dengan detil jasa terjemahan seperti apa yang kita tawarkan sekaligus berapa tarif yang kita pasang. Berdasarkan profil yang kita buat juga kalau kita pergi ke bagian Project Search disitu akan muncul beberapa proyek yang cocok dengan kemampuan kita. Notifikasi lewat email juga bisa diaktifkan kalau mau selalu update dengan tawaran kerja yang cocok. 
Kalau kita nemu pekerjaan yang kira-kira cocok, kita bisa apply ke proyek pekerjaan itu dan menunggu respon dari si pembuat proyek. Biasanya sebelum diperbolehkan mengerjakan proyeknya, kita disuruh mengerjakan satu tugas sebagai tes apakah kita benar-benar bisa mengerjakan proyeknya. Kalau sudah lulus "tes" itu baru deh kita bisa kerja. Setiap proyek punya deadline dan standar kesulitan serta gaji yang berbeda-beda jadi pilih pekerjaan yang sesuai :) 
Saya sendiri sudah pernah ikutan 2 proyek di Conyac, yang satu Bahasa Indonesia dan satunya lagi Bahasa Inggris. Setelah deadline proyek itu berlalu kita biasanya akan dapat notifikasi berapa gaji yang bakal kita dapet. Gajinya dibayarkan sebulan setelah kita dapat notifikasinya. Pembayaran bisa lewat paypal atau transfer antarbank. Kebetulan karena aku domisili di Jepang sekarang jadinya semua pembayaran juga dalam yen.
Menurutku kerja part-time online kayak gini banyak manfaatnya. Kemampuan bahasa kita bisa dimanfaatkan untuk dapet penghasilan tambahan dan mungkin bisa buat mengisi waktu luang buat orang yang nggak punya pekerjaan formal di luar. Selain itu waktunya fleksibel banget, bisa dikerjain dimana dan kapan aja karena bisa disesuaikan dengan kesibukan kita. Terus website ini kan worldwide jadi kita bisa kerja sama orang asing secara nggak langsung dan mungkin nemu proyek-proyek yang menarik :D

Untuk informasi lebih lanjut bisa dicek di website Conyac langsung. 

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!