G30 Nagoya University


Karena akhir-akhir ini banyak yang nanya ke aku gimana enaknya kalau mau kuliah S1 di Jepang, harus masuk sekolah Bahasa Jepang dulu, ambil JLPT dan EJU, atau gimana makanya di postingan ini aku mau bahas sedikit tentang program degree yang bisa diambil dalam Bahasa Inggris yang sekarang ini aku ambil.
Saat di sekolah Bahasa Jepang di Fukuoka itu aku baru tau bener tentang program G30 dari mahasiswa-mahasiswa yang ada di Kyushu Univeristy saat itu. Sebelumnya sudah pernah denger tapi sayangnya kurang informasi. Menurutku buat yang punya basic Bahasa Inggris yang bagus mungkin lebih baik ambil program G30 ini karena kita nggak perlu belajar Bahasa Jepang dulu. Tapi bagi yang memang mau memperdalam Bahasa Jepang dan dengan alasan tertentu pingin ambil kuliah dalam Bahasa Jepang maka bisa masuk sekolah bahasa dulu. Perlu diingat kalo G30 program ini bukan nama beasiswa.
G30 International Program merupakan program yang dibuat oleh MEXT Jepang (Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology ) pada tahun 2009 sebagai upaya untuk menarik sebanyak-banyaknya orang asing untuk berkuliah di Jepang. Ada 13 universitas Jepang, baik itu negeri dan swasta, yang ditunjuk oleh MEXT untuk membuka program G30 ini dan semua Imperial Universities termasuk di dalamnya. Tiap universitas punya kebijakan yang berbeda-beda tentang program ini seperti gimana cara pendaftarannya, jurusan mana saja yang buka program G30, beasiswa yang ditawarkan,dll.  Jadi kalau pingin tau info lengkapnya silakan buka website universitas masing-masing.


Nagoya University merupakan universitas yang paling banyak membuka jurusan untuk program G30 jadi katanya sih murid G30 paling banyak ada di Nagoya University. Jurusan yang dibuka untuk tiap jenjang pendidikan yaitu S1, S2, dan S3 juga berbeda-beda. Biasanya pendaftaran dibuka bulan Desember tahun sebelumnya. Artinya kalau ingin masuk di bulan Oktober tahun 2016 maka harus mendaftar di bulan Desember 2015. Oh iya berbeda dengan sistem Jepang pada umumnya di mana tahun ajaran baru mulai bulan April, G30 program di Nagoya University dimulai bulan Oktober. Biasanya seleksi hanya ada dua macam yaitu seleksi berkas dan wawancara untuk jenjang S1. Pendaftaran bisa lewat online tapi tetap ada beberapa berkas yang harus dikirim ke Jepang. Kalau lulus tahap pertama maka bisa masuk ke tahap wawancara yang bisa dikukan lewat skype kalau pendaftar tidak ada di Jepang. Saat mendaftar masuk di Nagoya University G30 program otomatis kita mendaftar untuk beasiswa G30 yang diberi dari pihak kampus. Tapi antara seleksi masuk dan seleksi beasiswa ini merupakan dua hal yang berbeda. Jadi bisa aja kamu diterima masuk Nagoya tapi aplikasi beasiswamu nggak diterima. Kalau aplikasi beasiswa nggak diterima itu artinya kamu harus cari beasiswa lain. Mulai tahun ini denger-denger dari adik kelas ada yang bisa dapet beasiswa Monbusho juga.
Sekarang aku masuk di program Biological Science jurusan Applied Bioscience di fakultas pertanian (School of Agricultural Sciences). Di Nagoya ini ada dua jenis jurusan dalam program Biological Science yaitu jurusan Bioscience yang masuk fakultas MIPA (School of Science) dan jurusan Applied Bioscience. Hampir semua kelas yang diambil sama, yang paling berbeda adalah jenis lab yang ada di jurursan masing-masing (eksperiman dan teknik yang dipakai berbeda). Di jurusan ini memang belajarnya molekular sekali, seperti belajar genetika, biokimia, dan biologi sel.
Meskipun program degree dalam Bahasa Inggris, untuk mahasiswa S1 tahun pertama diwajibkan belajar Bahasa Jepang. Untuk tahun pertama dan kedua menurutku memang semua kelas dalam Bahasa Inggris karena hampir semua dosen yang mengajar adalah bukan dosen Jepang. Ada yang dari Filipina, Amerika, Jerman, Korea, Serbia, Bulgaria, Belgia, Swiss, dsb. Tapi menginjak tahun ketiga dan keempat banyak dosen Jepang yang mengajar dan sejujurnya beberapa dari mereka Bahasa Inggrisya kurang bagus. Apalagi di tahun keempat saat kita masuk lab untuk mengerjakan eksperimen tesis, kemampuan Bahasa Jepang sangat sangat diperlukan karena di lab semuanya tetap dalam Bahasa Jepang. Jadi memang meski ini program Bahasa Inggris tapi belum menjamin bahwa semua SDM siap dengan adanya program G30 ini. Tapi menurutku usaha Jepang untuk mulai memberi kemudahan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar di Jepang tetep harus diapresiasi.

Untuk info lebih lengkap tentang G30 program dan universitas-universitas yang membuka program G30 bisa dicek di website ini. 
Buat yang berminat masuk ke Nagoya University bisa dicek website berikut.
Buat yang pingin tahu tentang pertanyaan yang diajuin waktu wawancara bisa liat tulisan saya di blog sebelumnya. Tapi mungkin sekarang udah kurang relevan ya soalnya itu sudah 4 tahun yang lalu. Aku nanya sensei sendiri sekarang pertanyaannya dipersulit , misal dulu anak biologi nggak ditanya pertanyaan matematika tapi sekarang katanya meski daftar ke biologi kemampuan matematika bakal ditanyain juga.
Oh iya ini ada info tambahan tentang beasiswa G30 di Nagoya University.



Semoga bermanfaat ya!

Comments

  1. Halo boleh minta email tidak kak? Mau tanya lebih banyak nih hehe

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mba izza, sy ada rencana untuk melanjutkan studi PhD di Nagoya, ntar sy byk tanya via email ya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal pak :) silakan kalau mau tny2 dan saya bisa bantu

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya yaa.. bermanfaat bgt.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas infonya. Boleh tanya" lewat email?

    ReplyDelete
  6. kak aku mau tahu nama dosen biological science di universitas nagoya, atau pun mungkin kakak punya link tentang dosen yang ada disana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di bagian list of laboratory ya https://admissions.g30.nagoya-u.ac.jp/undergraduate/biological/

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

I Love My Apato!