A Short Escape

Ceritanya karena udah nggak punya libur panjang gara-gara lab dan nggak punya duit lebih gara-gara belum dapet beasiswa, hampir satu tahun ini mau nggak mau keinginan jalan-jalan ke tempat yang jauh dan makan banyak duit akhirnya harus dipendam sementara. Padahal masih ada beberapa tempat yang pingin aku kunjungin tapi yasudah rejeki nggak kemana asal kita usaha kan?
Dan alhamdulillaah akhirnya muncullah kesempatan dalam kesempitan itu hehe.
Kesempatan pertama datang karena ada acara short study trip ke Sugashima Island di daerah Mie selama tiga hari. Alhamdulillah Mizukami Sensei berbaik hati ngasi beasiswa buat aku buat berpartisipasi di kegiatan ini >.<  Aku excited banget soalnya kita bakal nyebrang pake boat ke pulau kecil itu dan selama disana kita bisa ambil sample organisme laut dan belajar dari segi taksonomi serta molekulernya. Oh iya waktu itu kebetulan lagi bulan Ramadhan tapi alhamdulillah lancar puasanya. Ketemu anak-anak UGM juga yang lagi ikutan summer school disana.
Sugashima Marine Bio Lab Nagoya Univ 

Luminescence plankton di malam hari

Waktu ambil sample di pinggir laut

Makanan buatan ibu-ibu disana enak banget T.T
Lagi belajar :D


Yang kedua waktu liburan musim panas kemarin aku bisa ijin seminggu dari lab buat ikutan volunteer work dengan jadi supporter di English Camp Aichi. Seru banget belajar Bahasa Inggris bareng anak-anak Jepang. Meski awalnya susah tapi seneng bisa ketemu orang baru, belajar banyak hal, dan kabur bentar dari kehidupan lan yang membosankan :p Ongkos pp, tempat tinggal, dan makan selama 5 hari juga ditanggung oleh pihak penyelenggara. Asik banget jadinya.

Karena ada larangan ngeposting foto anak-anak camp jadilah gambar pantai di daerah Mihama ini aja ya yang aku posting hehe. Pantainya biasa aja sih sebenernya masih bagusan di Indonesia :p

Terus kesempatan yang ketiga Bulan Oktober kemarin ada panggilan wawancara dari Sato Yo Foundation Scholarship di Tokyo. Pihak pemberi beasiswa membayar transportasi semua pendaftar, dengan kata lain aku bisa ke Tokyo gratis naik shinkansen :)
Pertama bersyukur sekali dapet kesempatan wawancara (meski pada akhirnya nggak dapet beasiswanya, mungkin di postingan lain aku bakal cerita lebih detil) dan yang kedua aku excited banget nyusun rencana mau ngapain aja di Tokyo. Allah memang Maha Baik :'
Aku pergi ke Tokyo naik shinkansen pagi karena wawancaranya jam setengah 10 pagi  di dekat Meguro eki. Alhamdulillah wawancaranya selesai lebih cepet dari perkiraanku sebelumnya. Artinya aku punya kesempatan jalan-jalan lebih lama hehe. Dari Meguro eki aku langsung ambil kereta ke Yokohama yang nggak jauh dari Tokyo. Yokohama ini termasuk kota besar deket pelabuhan yang baru jadi banyak gedung-gedung tinggi yang modern. 

China Town Yokohama, terbesar di Jepang

Minato Mirai

Red Brick Warehouse
Osanbashi Pier
Setelah keliling bentar di Yokohama, aku balik lagi ke Tokyo buat ketemuan sama senpai soalnya aku bakal nginep di apartemennya buat semalem. Agenda di Tokyo kali ini aku mau nyobain beberapa restoran halal yang sekarang lagi menjamur. Duh seneng banget kayaknya kalo tinggal di Tokyo soalnya udah banyak restoran yang punya label halal dan nyediain tempat sholat juga. Katanya di restoran-restoran halal itu juga mau nerima staff perempuan yang memakai jilbab. Alhamdulillah ya.  Semoga di kota-kota lain termasuk Nagoya bisa segera menyusul yaa aamiin. 
Fish and Chips di Manhattan Fish Market
Hamburg Steak ala Jepang di restoran Italia Pran Pone, pemiliknya orang Muslim
Ramen halal Naritaya di deket Sensoji Temple Asakusa

Tokyo Sky Tree dilihat dari daerah Asakusa

Tokyo Tower dilihat dari daerah Roppongi Hills
Sekian cerita singkat dari short escape saya  :D 

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!