Posts

Showing posts from September, 2015

Jepang dan Mobil

Image
Kalo dibandingin lalu lintasnya kota-kota besar di Jepang sama Indonesia itu emang beda banget. Nagoya itu tempat asalnya Toyota dan beberapa perusahaan otomotif besar lain di Jepang. Nggak heran jumlah mobil di Aichi (nama provinsinya) katanya sih yang terbanyak di Jepang dan lalu lintasnya itu yang terburuk di Jepang makanya sensei-sensei di kampus sering ngingetin harus hati-hati kalo jalan di Nagoya. Padahal terburuknya sini itu menurutku masih jauh jauh jauh lebih baik daripada lalu lintas di Indonesia.  Disini tetep ada macet, tapi nggak parah mungkin karena semua pengendaranya juga tetep rapi dan taat. Mobil-mobilnya nggak ngeluarin asap dan suara makanya meski di jalan ada banyak mobil kadang heran juga kok bisa ya tetep kerasa sepi. Mobil-mobilnya sebenernya bentuknya nggak seberapa bagus, kadang menurutku agak jadul gitu nggak sebagus mobil-mobil Jepang yang ada di Indonesia. Setelah mengamati dan mendengar dari senpai-senpai yang punya mobil, kira-kira ada 6 alasan kenapa …

I Love My Apato!

Image
Kalo misal ditanya di Jepang tinggal dimana? Trus kalo aku jawab tinggal di apartemen biasanya orang Indonesia langsung mikirnya wah keren ya tinggal di apartemen. Kebalikannya kalo aku bilang ke orang Jepang kalo di Indonesia aku tinggalnya di rumah mereka biasanya kaget dan nganggep aku orang kaya banget (diaminin deh).   Apato (tulisannya γ‚’γƒ‘γƒΌγƒˆ) atau apartemen di Jepang beda banget sama apartemen di Indonesia yang kesannya mewah dan yang punya biasanya orang kaya. Di Jepang utamanya di kota-kota besar harga tanah mahal banget makanya yang punya rumah biasanya orang-orang kaya. Sedangkan apartemen harganya lebih murah karena fasilitas apartemen disini memang sangat minim. Nyewa apartemen itu cuma kayak nyewa kamar kosong buat ditinggalin. Nggak ada apa-apanya. Ini yang harga apartemen standar sih. Ada juga apartemen mewah yang isinya lengkap dan dari luar pun terlihat bagus. Rata-rata anak rantau disini nyewa apartemen ukuran single. Apartemennya biasanya sangat strategis, mau ke ka…

Kakunya Orang Jepang

Image
Fix banget deh ini orang jepang kakunya minta ampuun. Strik banget. Kibishii >.<
Taat aturan itu emang bagus, tapi kalo kebangetan ya tolong juga. Yang aslinya bisa diselesein dengan gampang jadi susah. Padahal bisa juga dibicarain baik-baik, nggak perlu pake cara kayak gitu. Padahal cuma mau ngubah dikiiit aja dari prosedur atau jadwal yang udah ada, eh nggak bisa. Dan lain lain.
Emang nggak ada yang sempurna. Indonesia mungkin terlalu fleksibel, Jepang terlalu kaku. Hmm jadi orang tengah-tengah aja gimana.
Maaf tulisan ini sangat ambigu ya rasanya tapi kalo kalian pernah hidup di Jepang mungkin pernah mengalami beberapa keadaan yang menjengkelkan seperti ini ngerasain gimana kibishi nya orang sini yang bikin gemeeesss banget.
Pingin banget ngomong ke nihonjin jadi orang nyantai aja lah.