Selalu Lebih Hijau

eiwa eki agustus 2015

"Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau dari rumput sendiri."
Pasti semuanya sudah sangat familiar dengan pepatah ini yang artinya apa yang dimiliki oleh orang lain biasanya terlihat indah atau lebih baik dari apa yang kita miliki. 
Aku yakin kebanyakan dari kita pernah atau sering ngerasain hal ini, termasuk aku sendiri. Kadang kalau ngeliat di sosial media banyak tokoh yang masih muda tapi sudah bisa ngasi kontribusi ke masyarakat itu rasanya iri. Mereka keren banget ya, aku di umur segini udah ngapain aja? Atau kalo liat temen yang udah lulus, udah kerja, udah ini itu (nggak ada habisnya) pasti kadang kita membandingkan dengan diri kita sendiri. 
Tapi sebenernya semakin sering kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain, semakin kita sering mengeluh, nggak bersyukur, dan berandai-andai gimana ya kalo aku jadi si A atau di B dan itu percuma nggak akan membawa perubahan apa-apa untuk kita. Lagipula kita menilai orang kan biasanya dari apa yang tampak dari luar. Kita nggak tau dalemnya orang kayak gimana dan apa yang telah mereka lewatin. Sukses dan bahagianya tiap orang itu beda-beda, dan harusnya kita bersyukur atas apa yang kita capai dan miliki sekarang. Kalo memang kita ngerasa iri ya jangan iri aja, harusnya itu bisa jadi motivasi buat kita biar bisa jadi lebih baik lagi dengan mencontoh dan belajar dari orang-orang yang kita anggap "lebih hijau". 
Tiap orang punya rejekinya masing-masing.  Mending apa yang kita punya sekarang disyukuri, apa yang bisa lakuin sekarang ya lakuin. Hidup kalo bisa bermanfaat buat diri sendiri dan orang banyak atau seenggaknya jangan jadi orang yang merugikan orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!