Posts

Showing posts from 2015

to be a scientist

Image
Dulu aku kira aku mau jadi peneliti khususnya di bidang bioteknologi. Waktu itu omku yang dulu kuliah di Jepang yang nyaranin buat belajar biotek karena ilmu ini lagi berkembang banget. Setelah baca sana sini hmm kayaknya memang keren dan menarik. Waktu lulus SMA juga mikirnya aku cocok jadi peneliti gitu dan kayaknya nggak masalah mau belajar sampe S3 *kamu mikir apa sih dlu cha wkwk Akhirnya keturutan juga masuk jurusan yang aku mau dan di Jepang ini dunia penelitian itu beneran punya posisi yang penting. Aku nggak tau di universitas lain kayak gimana tapi aku yakin hampir semua universitas di Jepang punya tujuan untuk mencetak peneliti. Mulai dari tahun keempat S1 kamu bakal  masuk laboratorium tertentu yang bidangnya bener-bener sangat-sangat spesifik dan sekarang jamannya neliti hal yang super kecil alias molekular bahkan sampe tingkatan nano. Untuk orang Jepang pada umumnya mereka bisa stuck di lab ini sampe nanti mereka nyelesein S2 atau S3. Dosenku yang orang asing bilang dun…

Beasiswa oh Beasiswa

Image
Bisa dibilang gejolak yang aku hadapi di tahun pertama aku di Jepang seakan terulang lagi di tahun terakhir ini.  Kalau tahun pertama galaunya itu harus adaptasi dengan lingkungan yang serba baru, serba nggak tahu apa-apa, harus meraba-raba sendiri baiknya gimana, pertama kali ngerasain nggak enaknya jauh dari keluarga, bingung mau kuliah dimana, dan sejenisnya. Nah di tahun terkahir ini ujiannya dateng dari masalah beasiswa, lab dan eksperimen, keluarga, rencana setelah lulus, dst.


Sejak awal tahun sebenernya aku udah aware tentang masalah beasiswa AEON yang bakal berakhir di bulan Maret 2015. Di bulan Januari aku udah nyoba email pihak AEON tentang kemungkinan memperpanjang beasiswa tapi udah dua kali email tetep nggak ada jawaban, padahal emailku tentang seminar AEON dibales. Apesnya lagi staff yang ngurusin mahasiswa asing di fakultasku ganti dan aku ngerasanya ada miskom disini. Aku udah nanyain gimana biar bisa memperpanjang beasiswa AEON ini dan mohon infonya kalau ada beasisw…

G30 Nagoya University

Image
Karena akhir-akhir ini banyak yang nanya ke aku gimana enaknya kalau mau kuliah S1 di Jepang, harus masuk sekolah Bahasa Jepang dulu, ambil JLPT dan EJU, atau gimana makanya di postingan ini aku mau bahas sedikit tentang program degree yang bisa diambil dalam Bahasa Inggris yang sekarang ini aku ambil. Saat di sekolah Bahasa Jepang di Fukuoka itu aku baru tau bener tentang program G30 dari mahasiswa-mahasiswa yang ada di Kyushu Univeristy saat itu. Sebelumnya sudah pernah denger tapi sayangnya kurang informasi. Menurutku buat yang punya basic Bahasa Inggris yang bagus mungkin lebih baik ambil program G30 ini karena kita nggak perlu belajar Bahasa Jepang dulu. Tapi bagi yang memang mau memperdalam Bahasa Jepang dan dengan alasan tertentu pingin ambil kuliah dalam Bahasa Jepang maka bisa masuk sekolah bahasa dulu. Perlu diingat kalo G30 program ini bukan nama beasiswa. G30 International Program merupakan program yang dibuat oleh MEXT Jepang (Ministry of Education, Culture, Sports, Scie…

A Short Escape

Image
Ceritanya karena udah nggak punya libur panjang gara-gara lab dan nggak punya duit lebih gara-gara belum dapet beasiswa, hampir satu tahun ini mau nggak mau keinginan jalan-jalan ke tempat yang jauh dan makan banyak duit akhirnya harus dipendam sementara. Padahal masih ada beberapa tempat yang pingin aku kunjungin tapi yasudah rejeki nggak kemana asal kita usaha kan? Dan alhamdulillaah akhirnya muncullah kesempatan dalam kesempitan itu hehe.
Kesempatan pertama datang karena ada acara short study trip ke Sugashima Island di daerah Mie selama tiga hari. Alhamdulillah Mizukami Sensei berbaik hati ngasi beasiswa buat aku buat berpartisipasi di kegiatan ini >.<  Aku excited banget soalnya kita bakal nyebrang pake boat ke pulau kecil itu dan selama disana kita bisa ambil sample organisme laut dan belajar dari segi taksonomi serta molekulernya. Oh iya waktu itu kebetulan lagi bulan Ramadhan tapi alhamdulillah lancar puasanya. Ketemu anak-anak UGM juga yang lagi ikutan summer school di…

Are You Ready for Change?

Image
“Why do you go away? So that you can come back. So that you can see the place you came from with new eyes and extra colors. And the people there see you differently, too. Coming back to where you started is not the same as never leaving.” -Terry Prachett *nemu quote ini di depan pintu masuk GSID*
So true. Everything changes. Everyone change. Nothing stays the same.
Tapi hidup itu identik dengan perubahan kan. Kalau nggak ada yang berubah nggak hidup namanya.

Jepang dan Mobil

Image
Kalo dibandingin lalu lintasnya kota-kota besar di Jepang sama Indonesia itu emang beda banget. Nagoya itu tempat asalnya Toyota dan beberapa perusahaan otomotif besar lain di Jepang. Nggak heran jumlah mobil di Aichi (nama provinsinya) katanya sih yang terbanyak di Jepang dan lalu lintasnya itu yang terburuk di Jepang makanya sensei-sensei di kampus sering ngingetin harus hati-hati kalo jalan di Nagoya. Padahal terburuknya sini itu menurutku masih jauh jauh jauh lebih baik daripada lalu lintas di Indonesia.  Disini tetep ada macet, tapi nggak parah mungkin karena semua pengendaranya juga tetep rapi dan taat. Mobil-mobilnya nggak ngeluarin asap dan suara makanya meski di jalan ada banyak mobil kadang heran juga kok bisa ya tetep kerasa sepi. Mobil-mobilnya sebenernya bentuknya nggak seberapa bagus, kadang menurutku agak jadul gitu nggak sebagus mobil-mobil Jepang yang ada di Indonesia. Setelah mengamati dan mendengar dari senpai-senpai yang punya mobil, kira-kira ada 6 alasan kenapa …

I Love My Apato!

Image
Kalo misal ditanya di Jepang tinggal dimana? Trus kalo aku jawab tinggal di apartemen biasanya orang Indonesia langsung mikirnya wah keren ya tinggal di apartemen. Kebalikannya kalo aku bilang ke orang Jepang kalo di Indonesia aku tinggalnya di rumah mereka biasanya kaget dan nganggep aku orang kaya banget (diaminin deh).   Apato (tulisannya γ‚’γƒ‘γƒΌγƒˆ) atau apartemen di Jepang beda banget sama apartemen di Indonesia yang kesannya mewah dan yang punya biasanya orang kaya. Di Jepang utamanya di kota-kota besar harga tanah mahal banget makanya yang punya rumah biasanya orang-orang kaya. Sedangkan apartemen harganya lebih murah karena fasilitas apartemen disini memang sangat minim. Nyewa apartemen itu cuma kayak nyewa kamar kosong buat ditinggalin. Nggak ada apa-apanya. Ini yang harga apartemen standar sih. Ada juga apartemen mewah yang isinya lengkap dan dari luar pun terlihat bagus. Rata-rata anak rantau disini nyewa apartemen ukuran single. Apartemennya biasanya sangat strategis, mau ke ka…

Kakunya Orang Jepang

Image
Fix banget deh ini orang jepang kakunya minta ampuun. Strik banget. Kibishii >.<
Taat aturan itu emang bagus, tapi kalo kebangetan ya tolong juga. Yang aslinya bisa diselesein dengan gampang jadi susah. Padahal bisa juga dibicarain baik-baik, nggak perlu pake cara kayak gitu. Padahal cuma mau ngubah dikiiit aja dari prosedur atau jadwal yang udah ada, eh nggak bisa. Dan lain lain.
Emang nggak ada yang sempurna. Indonesia mungkin terlalu fleksibel, Jepang terlalu kaku. Hmm jadi orang tengah-tengah aja gimana.
Maaf tulisan ini sangat ambigu ya rasanya tapi kalo kalian pernah hidup di Jepang mungkin pernah mengalami beberapa keadaan yang menjengkelkan seperti ini ngerasain gimana kibishi nya orang sini yang bikin gemeeesss banget.
Pingin banget ngomong ke nihonjin jadi orang nyantai aja lah.

Selalu Lebih Hijau

Image
"Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau dari rumput sendiri." Pasti semuanya sudah sangat familiar dengan pepatah ini yang artinya apa yang dimiliki oleh orang lain biasanya terlihat indah atau lebih baik dari apa yang kita miliki.  Aku yakin kebanyakan dari kita pernah atau sering ngerasain hal ini, termasuk aku sendiri. Kadang kalau ngeliat di sosial media banyak tokoh yang masih muda tapi sudah bisa ngasi kontribusi ke masyarakat itu rasanya iri. Mereka keren banget ya, aku di umur segini udah ngapain aja? Atau kalo liat temen yang udah lulus, udah kerja, udah ini itu (nggak ada habisnya) pasti kadang kita membandingkan dengan diri kita sendiri.  Tapi sebenernya semakin sering kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain, semakin kita sering mengeluh, nggak bersyukur, dan berandai-andai gimana ya kalo aku jadi si A atau di B dan itu percuma nggak akan membawa perubahan apa-apa untuk kita. Lagipula kita menilai orang kan biasanya dari apa yang tampak dari luar.…

Captured Moments

Image
Mungkin ada banyak momen yang belum saya bagi di blog ini. Malem ini agak ngerendom kayaknya sayang kalo foto-foto yang belum pernah terkespos sebelumnya dibiarin gitu aja di dalam hard disk hehe. Foto-fotonya diambil dalam waktu yang berbeda-beda ya, silakan liat captionnya untuk detilnya.