Pak Polisi Saya Tidak Bersalah

Habis baca curhatan temen di fb yang bilang kalau hari itu dia baru aja dicegat sama polisi Jepang waktu lagi jalan bareng teman-teman asing lainnya. Dia lumayan shock tapi untungnya si pak polisi cuma ngecek kartu identitas aja. Aku yang baca status itu akhirnya mbatin, dia baru sekali dicegat lha aku ini udah berkali-kali *kok malah bangga*

Kalo diruntut pertama kali didatengin polisi kayak gitu waktu lagi nunggu penerbangan di Bandara Haneda,Tokyo. Yang ndatengin nggak cuma satu tapi tiga sekaligus dan kebetulan polisi muda. Langsung keinget Takagi deh hahaha. Mereka nanyain kartu identitas awalnya terus nanya di Jepang lagi apa dsb. Karena aku pake kerudung, mereka tau kalo aku lagi puasa waktu itu (kebetulan Ramadhan) dan akhirnya nanya macem-macem kayak ngobrol sih sebenernya. Kejadian yang kedua juga di bandara tapi yang di Osaka. Yang nyegat waktu itu pak polisi (kalo yang ini udah berumur) dan nanya kartu identitas terus di Jepang mau ngapain gitu, yaa mirip-mirip lah. Nah yang terakhir kali waktu lagi jalan-jalan santai di Nagoya Station tiba-tiba ada mbak-mbak polisi yang nyegat terus nanya kartu identitas. Polisinya sih bilang mereka ngecek kayak gitu itu buat mengontrol orang asing yang masuk Jepang secara ilegal. 

Yaa mungkin itu sudah sewajarnya ya tugas mereka sebagai polisi. Tapi aku jadi agak risih juga kalo dicegatnya di tempat umum yang banyak orang. Orang lain bisa aja ngira aku ngelakuin sesuatu yang salah kan dan bisa-bisa mereka beranggapan kalo yang pake penutup kepala itu mesti orangnya aneh. Mungkin karena aku pake kerudung jadi keliatan banget orang asingnya (?) huftt 
Kalo boleh saran sih ya kalo emang mau ngecek please kita ini dibawa ke tempat yang sepi atau gimana gitu biar nggak ngundang perhatian orang. Sekali lagi aku nggak nyalahin polisinya, cuma kurang sreg aja sama caranya. Polisi disini itu punya imej polisi yang bener-bener mengayomi menurutku, super baik dan nggak nyeremin sebenernya. Tapi gimana lagi nasib jadi orang asing di negeri orang ya begini harus mau nerima. 

Lambang National Police Agency of Japan
taken from http://www.politie-petten.org/Japan.html

Comments

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!