Posts

Showing posts from November, 2014

My Experimental Laboratory Reports

Image
Hey all,

Hanya ingin berbagi beberapa contoh hasil laporan eksperimen saya selama 2 semester ini. Semoga membantu ya :)

Bisa dicek di link berikut ini. Doumo!



Gallery-Jikken no Seikatsu

Image
Making immobilized yeast for continuous fermentation process







Pak Polisi Saya Tidak Bersalah

Image
Habis baca curhatan temen di fb yang bilang kalau hari itu dia baru aja dicegat sama polisi Jepang waktu lagi jalan bareng teman-teman asing lainnya. Dia lumayan shock tapi untungnya si pak polisi cuma ngecek kartu identitas aja. Aku yang baca status itu akhirnya mbatin, dia baru sekali dicegat lha aku ini udah berkali-kali *kok malah bangga*
Kalo diruntut pertama kali didatengin polisi kayak gitu waktu lagi nunggu penerbangan di Bandara Haneda,Tokyo. Yang ndatengin nggak cuma satu tapi tiga sekaligus dan kebetulan polisi muda. Langsung keinget Takagi deh hahaha. Mereka nanyain kartu identitas awalnya terus nanya di Jepang lagi apa dsb. Karena aku pake kerudung, mereka tau kalo aku lagi puasa waktu itu (kebetulan Ramadhan) dan akhirnya nanya macem-macem kayak ngobrol sih sebenernya. Kejadian yang kedua juga di bandara tapi yang di Osaka. Yang nyegat waktu itu pak polisi (kalo yang ini udah berumur) dan nanya kartu identitas terus di Jepang mau ngapain gitu, yaa mirip-mirip lah. Nah y…

Budaya Zangyō (残業) di Jepang

Image
Setelah baca artikel ini tentang cara kerja orang Jerman rasanya heran banget kenapa ya Jepang nggak bisa kayak gitu? Kenapa orang Jepang mesti zangyo (lembur)? Apakah memang semua tempat kerja atau instansi di Jepang mengharuskan lembur? Apakah bekerja hingga larut malam sudah menjadi budaya dan aturan tidak tertulis bagi orang Jepang? Jujur saja salah satu hal yang saya benci di Jepang ini adalah adanya lembur dimana-mana, tidak hanya untuk para pekerja tapi pelajar seperti saya pun juga harus lembur.
Dalam artiket di atas disebutkan bahwa ada 4 alasan mengapa orang Jerman bisa bekerja efektif. Yang pertama adalah jam kerja berarti jam kerja dan yang kedua adalah punya tujuan yang jelas. Saat jam kerja ya fokus kerja, jangan melakukan sesuatu diluar itu seperti mengobrol dengan rekan kerja hal-hal yang berkaitan di luar pekerjaan atau sibuk berselancar di internet. Saya sangat yakin kalau orang Jepang punya 2 poin di atas. Mereka adalah orang-orang yang pandai berencana dan bagus d…