Posts

Showing posts from March, 2014

Mengintip Kegiatan PPI Nagoya

Image
Sebagai seorang pelajar di perguruan tinggi tentu rugi rasanya jika hanya menghabiskan waktu untuk belajar tanpa mencoba aktivitas lain di luar itu seperti aktif berorganisasi. Mengikuti organisasi menjadi penting karena disinilah kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dan belajar bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Unit Kegiatan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa adalah dua contoh dari banyaknya jenis organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi Indonesia. Nah, bagaimana dengan pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di luar negeri?             Para pelajar Indonesia di luar negeri juga memiliki organisasi kemahasiswaan yang disebut Persatuan Pelajar Indonesia atau disingkat PPI. PPI dapat ditemui di berbagai Negara di dunia asalkan disana ada para mahasiswa Indonesia yang sedang bersekolah dan aktif berorganisasi. Selain sebagai wadah untuk menjalain sillaturahmi antarmahasiswa Indonesia, PPI juga berfungsi sebagai wadah untuk melepas rindu pada tanah air karena dis…

Tokyo Love Story

Image
Kalau kamu suka nonton dorama Jepang pasti tau atau seenggaknya pernah denger judul postinganku di atas. Tapi postingan kali ini nggak ada hubungannya sama dorama itu dan nggak ada hubungannya sama kisah cinta-cintaan di Tokyo hahaha maafkan ya...cuma iseng nyomot judul itu aja :p
Jepang sangat identik dengan Tokyo. Makanya kalau ke Jepang belum ke Tokyo belum afdol rasanya karena menurutku sendiri di Tokyo itu aku baru ngerasa kalau bener-bener di Jepang. Mungkin karena informasi yang aku dapet selama ini lewat buku,tv, atau media cetak lebih banyak mendeskripsiin Tokyo. Padahal kehidupan di luar Tokyo itu juga ada dan pastinya beda. Anyway kalau di Tokyo kita bakal jarang nemu stasiun sepi di jam berapa pun. Kalau waktunya rush hour gitu mungkin lebih parah ya ramenya. Aku harus tahan berdiri di kereta hampir sejam dengan posisi nggak bisa gerak bebas. Terus nggak tau kenapa sering banget hampir nabrak orang waktu jalan, khususnya waktu di stasiun. Mungkin belum bisa nyocokin ritm…

Europe : next destination?

Nggak nyangka sudah hampir 3 tahun aku di Jepang, bisa dibilang setengah jalan nih untuk mendapat gelar sarjana. Pertanyaan yang sering muncul belakangan ini adalah mau ngapain setelah lulus? Ngelanjutin S2? Menikah? Kerja? Serem juga denger pertanyaan ini soalnya sudah harus siap-siap menggapai mimpi-mimpi yang baru kan artinya. Tapi ngerencanain edisi kali ini kerasa lebih complicated soalnya ada rencana orang lain juga yang harus dipertimbangkan haha. Orangtua pesennya sih setelah S1 langsung lanjut S2 dulu setelah itu terserah mau gimana. Aku sendiri juga setuju sama opsi ini soalnya mumpung udah di luar negeri kalau bisa ya diterusin sekolahnya sampai tinggi. Dulu mikirnya mau lanjut sampai S3, tapi setelah di Jepang jadi mikir buat sampai S2 dulu aja deh. S3 nya nanti kalau emang mau jadi dosen atau peneliti beneran wkwk. Jepang emang bikin rencana hidupku berubah :p
Nah pertanyaan selanjutnya adalah mau lanjut S2 dimana dan jurusan apa? Sebenernya kalau mau gampang sih langsun…