Need Extra Spirit

Poin lain yang aku amati tentang orang-orang Jepang adalah mereka selalu negatif dalam memandang sesuatu. Emang nggak selalu sih tapi ya bisa dibilang biasanya gitu. Kalau orang yang sudah pernah tinggal disini pasti nyadar deh kalau orang Jepang suka nanggepin cerita kita dengan kata-kata "taihen desune" atau "komarun janai desuka" yang artinya kurang lebih "wah berat ya" atau "apa gitu nggak masalah ya". Satu kata lagi yang sering keluar dari mereka "muri" yang artinya "nggak mungkin". Apalagi kalau lagi puasa wah bakal sering banget denger kata itu, "nggak mungkin kamu bisa mati nanti". Lha jelas-jelas aku hidup gini lagi puasa hahaha...
Sebenernya aku juga nggak nyalahin mereka karena mungkin ini pengaruh budaya juga untuk menunjukkan simpati buat orang lain. Tapi secara nggak langsung kalau dipapar dengan komentar-komentar dan lingkungan yang kayak gini terus bikin pikiran kita ikutan jadi negatif. Contohnya ya aku ini sendiri. Kalau boleh jujur sih aku nggak sepositif dan nggak sesemangat dulu. Rasanya udah lah pingin semuanya cepet selesai aja. Aduh kira-kira kalau pingin ini itu bisa nggak yaa? Jadi khawatir habis lulus S1 disini aku bisa ngotot apa nggak buat ngejar target-target yang lain. 
Kangen sama orang-orang di sekitarku dulu yang pasti bilang "kamu pasti bisa!" Atau temen-temen yang kalau dicurhatin mesti bilang "semangat yaa". 
Tapi semua itu bukan alasan sih soalnya aku percaya motivasi terbesar itu tetep dari dalam diri sendiri. Orang lain boleh bilang aja tapi tetep kita sendiri yang harus membuktikan. Susah memang susah tapi bukan berarti nggak mungkin kan? Keep fighting! 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!