AEON 1% Club Scholarship

Alhamdulillah dengan kehendak Allah yang Maha Kuasa akhirnya aku bisa dapet beasiswa full di Jepang. Allah itu emang ngasih sesuatu di waktu yang paling baik ya. Kalo misalnya aku nggak dapet beasiswa ini aku juga nggak tahu nasibku bakal gimana disini haha,secara beasiswa untuk S1 itu emang jarang banget apalagi kalo belum tahun ke 3 atau ke 4. Jadi ini yang namanya bener-bener  beruntung! 
Masih inget banget waktu bulan Februari udah masuk haru yasumi, suatu pagi (lupa tanggalnya) aku pergi ke kantor administrasinya departemen buat nanyain info beasiswa-beasiswa yang aku dapet ini bisa didaftar apa nggak, they are my last hope. Soalnya kalo nggak bisa daftar ini maka hidupku selanjutnya bakal lebih berat soalnya beasiswa JASSO yang semester kemarin udah distop. Dan jawaban yang aku dapet emang mengecewakan. Alhasil waktu itu aku pulang tapi udah nggak bisa mikir lagi,mana SPP belum bayar wkwk. Tapi tiba-tiba sore harinya aku dapet email dari orang di kantor tadi kalo ternyata baru aja aku direkomendasiin buat daftar beasiswa AEON 1% Club. Aku diminta ke departemen secepatnya. Liat gimana keadaan bisa berubah 180 derajat tiba-tiba! Langsung aja aku ke departemen meski hujan deres banget waktu ngambil formnya dan dikasi tau ini itu terkait persyaratan pendaftarannya. 
Sebenernya persyaratannya nggak terlalu susah, cuma disuruh ngisi form isinya data pribadi, rencana studi, rencana setelah lulus, dan sejenisnya. Lalu ada surat rekomendasi dari dosen sama transkrip nilai. Yang susah adalah gimana nuangin isi kepalaku ini pake bahasa Jepang >.< Akhirnya aku minta tolong Kato san buat nerjemahin tulisanku dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang hahaha. Tapi nggak semuanya aku tulis persis kok,ada yang aku ubah juga biar nggak terkesan wow gitu tulisannya. Kan kemampuan bahasa Jepangku masih ecek-ecek. Oh iya beasiswa ini meliputi bebas biaya SPP dan biaya hidup sebesar 100,000 yen per bulan, nilai yang sangat lebih dari cukup untuk hidup di Nagoya.
Dua bulan berlalu tapi belum ada kabar lagi dari pihak AEON,bikin aku mulai khawatir. Akhirnya setelah harap-harap cemas ada kabar kalo aku lolos ke tahap interview. Rasanya lega bangeeet dan pihak universitas juga udah ngomong kalo interview ini cuma formalitas aja. 90% insyaallah mereka menjamin bahwa aku bakal dapet beasiswanya. Meski gitu aku tetep nervous nyiapin buat interview ini. Eh ternyata waktu interview pertanyaannya umum dan alhamdulillah aku bisa jawab dan ngerti maksud pewawancaranya. Aku juga diinterview bareng sama 2 orang mahasiswa Nagoya University yang lain jadi tiap orang dapet waktu yang singkat banget.
Saat upacara pengukuhan penerima beasiswa aku baru tau kalo aku paling muda sendiri karena rata-rata yang lain udah master atau doktor. Dari seluruh Jepang tiap tahun ada 30-40 mahasiswa dari universitas-universitas tertentu yang diberi beasiswa ini, dan kebanyakan orang Cina (karena mereka yang jago bahasa Jepang). Beasiswanya dikasi selama 2 tahun dan katanya bisa diperpanjang. Dalam setahun kewajiban kita penerima beasiswa adalah menghadiri seminar dan kegiatan volunteer yang diadakan oleh AEON 1% Club. 
AEON 1% Club ini sendiri adalah bentur CSR dari perusahaan AEON. Kalo kita tinggal di Jepang taunya AEON itu mall yang bisa kita temui dimana aja di Jepang. Perusahaan ini juga menyediakan layanan bank, punya konbini (sejenis Alfamart dan Indomaret),memproduksi produk makanan murah dengan merk mereka sendiri,dan yang lainnya aku kurang tau hahaha. Mulai tahun ini AEON mau buka mall di Jakarta dan kayaknya sejak beberapa tahun lalu udah ada AEON Bank di Jakarta. Terus mereke juga aktif melakukan aktivitas penghijauan di Jakarta dang ngadain student exchange antarsiswa SMA Indonesia dengan Jepang. Denger-denger juga mulai tahun lalu mereka juga ngasi beasiswa buat mahasiswa yang kuliah di UI. Intinya mereka mau ekspansi ke Indonesia kayak perusahaan-perusahaan Jepang lainnya sejak krisis ekonomi melanda Jepang. Sasaran utamanya akhirnya ya ke negara-negara ASEAN seperti Indonesia ini.
Kalo mau tau info lebih lanjut tentang AEON 1% Club silakan kunjungi website ini.


                                             Saat upacara pengukuhan penerima beasiswa

                                                       
                                                            Acara dinner di hotel 



Volunteer Activity di daerah bekas tsunami 2011


                                               Wisata naik kapal feri di Higashimatsushima

Comments

  1. Kak, mau nanya.. Untuk beasiswa ke Jepang selain AEON ini apalagi yah?
    Mohon di Infoin kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo unutk aeon itu mana aja universitas yang bekerja sama?

      Delete
    2. Ada beberapa univ negeri dan swasta sperti kyushu univ, kobe univ, nagoya univ, kyoto univ, tokyo univ, tohoku univ, dan waseda univ. Itu beberapa yang saya ingat. Bisa ditanyakan ke kampus masing-masing apakah bekerja sama dengan AEON ini.

      Delete
  2. wah seneng nya nemu blog nya mbak izza, mbak nya pernah ke Sma aku, Sma15 sby buat ngasih pengalaman di jepang. Sejak saat itu mbak menginspirasi aku buat kuliah ke jepang.
    Selain, monbukagakusho, mitsui bussan apa ada lagi beasiswa untuk S1? atau aku harus ikut sekolah bahasa di jepang, baru ikut EJU? mohon saran nya kak.

    oh ya, salam kenal kak. Aku Dinda, sekarang baru lulus SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dinda! Iya aku masih inget kok, kalo nggak salah kita temenan di LINE juga, mungkin bisa kontakan lewat LINE kalo mau nanya2.
      Kalo buat S1 selain Monbusho sama mitsui busan ada beasiswa ILA (Indonesian Leadership Awards).
      Tergantung Dinda maunya kuliah pake bahasa jepang atau bahasa inggris. Kalo mau masuk lewat jalur reguler (pake bahasa jepang) bisa masuk ke sekolah bahasa dulu untuk persiapan ambil EJU sama JLPT. Tapi kalo bahasa inggris Dinda bagus aku saranin daftar G30 program aja. Ada 13 universitas Jepang yang buka program ini. Untuk jurusan apa yang ada, cara pendaftaran, sama ada nggaknya beasiswanya bisa dicek di website nya masing2.
      http://www.uni.international.mext.go.jp/university_list/Index/

      Delete
  3. Kalo daftar beasiswa itu . Nggak ada dikeluarin biayakan. Kalo saya kan orang nya jauh . Terus mau daftar beasiswa . Ongkos ke tempat tesnya di tanggung atau nggak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya daftar beasiswa ini ketika sudah masuk di Nagoya univ. Pihak AEON membayar biaya transportasi pulang pergi dari Nagoya ke Kyoto.

      Delete
  4. Assalamualaikum kak ..
    mau tanya kak , untuk masuk ke nagoya univ. Itu susah tidak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam. relative ya susah nggak nya, dicoba aja dulu :)

      Delete
  5. Kak,klo skrg aku kls 12 dan br slsai UN.Bisa daftar beasiswa apalgi ya dan caranya gmn?Klo beasiswa AEON ini bgm cara dftrnya? Kmrn sy udh ikt yg mitsui tp ga dpt :( lalu sy mau ikt yg JPSS tp bingung caranya.Boleh minta line jg kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan april atau mei ini ada beasiswa monbukagakusho untuk S1. Kalau yang beasiswa AEON baru bias didaftar kalau sudah keterima jadi mahasiswa di Jepang. JPSS itu kayaknya cuma nama website ya? disitu ada database tentang beasiswa yang ada di Jepang.
      line : asusizzadp

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Id line kk gt mksdnya..biar lbh enk ngbrolnyaa

    ReplyDelete
  8. Kak, sekarang aku kelas 12 dan tahun depan baru UN, SNMPTN, SBMPTN, dan sebagainya. aku pengen kuliah di jepang pakai beasiswa tapi yg full biaya hidup dsb karena keterbasan ekonomi. menurut kakak beasiswa yang seperti itu apa y selain MONBUKAGAKUSHO dan Mitsui Bussan?

    terus kaka kuliah di jepang awalnya gimana? pake beasiswa atau biaya sendiri?
    alhamdulillah jazakillahu khoiro. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain monbusho sama mitsui bussan, ada Asia Bridge Program dari Shizuoka uni, Global Scientist and Engineers Program dari Tokyo Institute of Technology, dan G30 Scholarships (coba di google aja ada beberapa universitas).

      untuk lengkapnya bisa baca Buku saya ya :) infonya di link ini https://izzadinalhaquep.blogspot.com/2018/01/ichigo-studying-in-japan-my-sweet-sour.html

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part Time Job di Jepang

G30 Nagoya University

I Love My Apato!