Posts

Showing posts from January, 2014

Need Extra Spirit

Poin lain yang aku amati tentang orang-orang Jepang adalah mereka selalu negatif dalam memandang sesuatu. Emang nggak selalu sih tapi ya bisa dibilang biasanya gitu. Kalau orang yang sudah pernah tinggal disini pasti nyadar deh kalau orang Jepang suka nanggepin cerita kita dengan kata-kata "taihen desune" atau "komarun janai desuka" yang artinya kurang lebih "wah berat ya" atau "apa gitu nggak masalah ya". Satu kata lagi yang sering keluar dari mereka "muri" yang artinya "nggak mungkin". Apalagi kalau lagi puasa wah bakal sering banget denger kata itu, "nggak mungkin kamu bisa mati nanti". Lha jelas-jelas aku hidup gini lagi puasa hahaha... Sebenernya aku juga nggak nyalahin mereka karena mungkin ini pengaruh budaya juga untuk menunjukkan simpati buat orang lain. Tapi secara nggak langsung kalau dipapar dengan komentar-komentar dan lingkungan yang kayak gini terus bikin pikiran kita ikutan jadi negatif. Contohnya y…

Japan? Not anymore!

Mungkin ini karma gara-gara dulu terlalu cinta sama Jepang haha. Sekarang rasa kagumku yang dulunya 100% *kayaknya* sekarang ada di posisi kurang dari 50%. Memang beda keluar negeri sekedar jalan-jalan sama tinggal langsung di negaranya karena kita bakal tahu dan ngerasain suka dukanya hidup di negara itu.

Jepang memang masih juara dalam hal teknologi dan research nya. Orang-orang disini kerjanya kreatif dan efisien yang mungkin disebabkan pendidikan dasarnya nggak terlalu ditekan seperti kita ketika bersekolah SD di Indonesia. Di SD-SD Jepang *menurut ibu-ibu Indonesia yang punya anak disini* mata pelajarannya nggak seberat di Indonesia macam matematika,sains,dan kawan-kawan. Memang matematika dan ilmu eksak lain tetap diajarkan tapi porsinya sebanding dengan mata pelajaran seperti olahraga, prakarya, musik, memasak, dan kegiatan-kegiatan lain yang mengasah kreativitas anak. Selain itu alam Jepang yang keras (nggak punya banyak sumber daya alam) menuntut mereka kerja efisien dan mem…

Winter Holiday (Sophomore Year 2013/14)

Image
Ada yang suka travelling sendiri nggak? Sejak memutuskan merantau mau nggak mau (nggak ada pilihan soalnya) pergi kemana-kemana sering sendirian. Awalnya kayak kasian gitu ya tapi lama-lama ketagihan (?) Ngerasa nggak sih kalau kita pergi sama orang-orang terdekat kadang kita nggak terlalu perhatian sama tempat yang kita kunjungi karena kita sibuk (ngobrol,nggosip) sama mereka. Makanya aku ngerasa kalau jalan-jalan sendiri itu kadang lebih bisa menikmati suasana disana, lebih perhatian sama keadaan disana, dan mungkin dapet kesempatan buat berinteraksi sama orang-orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Tapi ya kalau keseringan juga nggak enak sih. Makanya menurutku dengan travelling sendiri itu aku bisa lebih menghargai waktu yang aku habisin sama orang-orang terdekat. Jadi punya perasaan "wah ternyata kalau nggak sama mereka nggak seru ya..."
Anyway liburan musim dingin kali ini alhamdulillah ada rejeki buat jalan-jalan ke beberapa kota di Jepang, meski memang sebag…

Pulang Kampung

Image
Alhamdulillah tanggal 4 Agustus 2013-28 September 2013 aku masih diberi rejeki untuk bisa pulaang. Ini perjalanan pulangnya lumayan ribet karena pake transit dua kali di Manila sama Singapura waktu pulangnya dan Singapura sama Taipei waktu balik ke Jepang. Lumayan udah pernah nginjek tanahnya Filipina sama Taiwan meski belum sempet jalan-jalan hehe. Sempet jalan-jalan di Singapura sih soalnya transitnya 7 jam lebih, ketemu Puteri yang lagi student exchange disana. Singapura tambah kayak negara maket aja, kayak mainan. Rapi banget tapi penuh. Hebatnya tiap tahun ada aja destinasi wisata baru disana. 

Supertree Grove 




Marina Bay

Alhamdulillah masih bisa lebaran di Indonesia, yaa mungkin ini lebaran terakhir di rumah selama aku sekolah di luar. Karena beberapa tahun ke depan lebarannya maju terus dan itu masih kuliah T.T Terus cita-cita buat mbolang akhirnya kesampaian. Aku pergi seminggu ke Solo terus main ke Jogja, dilanjut ke Jakarta, Depok, Bandung. Tujuannya utamanya ngunjungin temen…

AEON 1% Club Scholarship

Image
Alhamdulillah dengan kehendak Allah yang Maha Kuasa akhirnya aku bisa dapet beasiswa full di Jepang. Allah itu emang ngasih sesuatu di waktu yang paling baik ya. Kalo misalnya aku nggak dapet beasiswa ini aku juga nggak tahu nasibku bakal gimana disini haha,secara beasiswa untuk S1 itu emang jarang banget apalagi kalo belum tahun ke 3 atau ke 4. Jadi ini yang namanya bener-bener  beruntung!  Masih inget banget waktu bulan Februari udah masuk haru yasumi, suatu pagi (lupa tanggalnya) aku pergi ke kantor administrasinya departemen buat nanyain info beasiswa-beasiswa yang aku dapet ini bisa didaftar apa nggak, they are my last hope. Soalnya kalo nggak bisa daftar ini maka hidupku selanjutnya bakal lebih berat soalnya beasiswa JASSO yang semester kemarin udah distop. Dan jawaban yang aku dapet emang mengecewakan. Alhasil waktu itu aku pulang tapi udah nggak bisa mikir lagi,mana SPP belum bayar wkwk. Tapi tiba-tiba sore harinya aku dapet email dari orang di kantor tadi kalo ternyata baru …