Posts

Showing posts from 2014

reflection

Image
"Allah has the perfect timing : never early, never late. It takes a little patience and it takes a lot of faith. But it's worth the wait."

Toshocard

Image
Alhamdulillah minggu kemarin seteah ikutan acara cultural exchange sama anak SMA dari Kanazawa dapet rejeki toshocard sebagai bentuk rasa terima kasih karena udah berpartisipasi di acara itu. Toshocard (tosho dari Bahasa Jepang yang artinya buku, dan card dari Bahasa Inggris yang artinya kartu) itu semacam kupon buat beli buku di seluruh toko buku jepang dan bisa dipake seumur hidup. Nilai dari toshocardnya macem-macem, kemarin dapet 3 toshocard masing-masing bernilai 3000 yen. Seneng bangeet nggak nyangka dapet segede itu :D 

Toshocard ini emang sering dijadiin hadiah atau bentuk penghargaan, misalnya kalau ikut lomba sesuatu dan menang bisa dapet toshocard ini. Bagus ya bisa sebagai stimulus biar orang-orang suka baca :)

Japanese Writings

Ceritanya waktu semester 2 salah masuk kelas Bahasa Jepang (lebih tepatnya nggak punya pilihan) yang isinya murid-muridnya udah jago banget Bahasa Jepangnya karena memang bidang mereka disitu. Di kelas itu kita diminta untuk membuat sebuah paper singkat tentang contoh penelitian kita. Awalnya ngerasa nggak mungkin bisa bikin kayak gituan karena kemampuan Bahasa Jepangku yang masih kayak gini, tapi karena terpaksa apapun jadi bisa kan ya hahaha. Akhirnya setelah ngerjain sampai eneg ngeliat kanji, jadi deh dua contoh tulisan di bawah ini. Yang tulisan atas itu cuma contoh rencana penelitian, kalo yang tulisan bawah itu lumayan kayak paper kecil-kecilan.  *******************************************************************************************************

研究計画書 イッザデイナルハックプラナタサリ 題目:干ばつ土地に植えている米 アジアの国々でご飯をよく食べているから、米は必要な作物である。しかし、アジアにはさまざまな山水のタイプがあり、米が植えられていない土地がいっぱいある。もっとも多いの原因は干ばつのことからである。米が植えられていない国は米を輸入することが必要になり、米の値段が高くなる。そのため、人々は米が買えなく飢餓の問題になる可能性が高い。そこでこの本研究では耐乾性米を発見したいと思う。耐乾性米があればどこ…

Culture and Representation

Image
Rashomon : Between The Story and The Film




Rashomon is a story written by Ryunosuke Akutagawa, one of the most famous writer in Japan. His writings are cynical and bring up uncommon theme thus he is said to have strong characteristic in the way of writing. “What he did was to question the values of his society, dramatize the complexities of human psychology, and study, with a Zen taste for paradox, the precarious balance of illusion and reality,” (Kojima, 12). Rashomon itself is the largest gate in Kyoto when Kyoto was a capital city of Japan. With the decline of West Kyoto, the gate became a hideout for thieves and robbers and a place for abandoning unclaimed corpses.  The story is about a discharged servant who saw an old woman on the top of Rashomon is stealing hair from the corpse left there. The woman said that she was doing this to earn money for life. Even though at first the servant thought stealing like that was the worst thing that he had ever seen, in the end he stole the wo…

Genetics III-Essay assignment

Image
Selama kuliah ini matkul isinya hampir semuanya berkaitan sama DNA dan kawan-kawannya yang saya nggak paham. Rasanya semakin dipelajari semuanya terlihat semakin rumit, apalagi mereka itu nggak gampang bisa dilihat dengan mata jadi seakan semuanya itu cuma teori dan imajinasi dari para peneliti. Tapi memang sekarang ini ya jamannya molekular biologi.  Tulisan di bawah ini salah satu contoh writing assignment di kelas Genetics III, mungkin bisa membantu kalo ada temen-temen yang punya tugas serupa ^^ *****************************************************************************

KLF4 (Kruppel-like factor 4)

The Kruppel-like factor (KLF) family is a group of zinc finger containing transcription factors, which are identical with the Drosophila Kruppel protein. The characteristic that distinguishes the KLF family from other zinc finger containing transcriptional factors is the presence of three highly conserved C2H2 containing zinc finger motifs at the C terminus. These fingers enable KLFs to b…

My Experimental Laboratory Reports

Image
Hey all,

Hanya ingin berbagi beberapa contoh hasil laporan eksperimen saya selama 2 semester ini. Semoga membantu ya :)

Bisa dicek di link berikut ini. Doumo!



Gallery-Jikken no Seikatsu

Image
Making immobilized yeast for continuous fermentation process







Pak Polisi Saya Tidak Bersalah

Image
Habis baca curhatan temen di fb yang bilang kalau hari itu dia baru aja dicegat sama polisi Jepang waktu lagi jalan bareng teman-teman asing lainnya. Dia lumayan shock tapi untungnya si pak polisi cuma ngecek kartu identitas aja. Aku yang baca status itu akhirnya mbatin, dia baru sekali dicegat lha aku ini udah berkali-kali *kok malah bangga*
Kalo diruntut pertama kali didatengin polisi kayak gitu waktu lagi nunggu penerbangan di Bandara Haneda,Tokyo. Yang ndatengin nggak cuma satu tapi tiga sekaligus dan kebetulan polisi muda. Langsung keinget Takagi deh hahaha. Mereka nanyain kartu identitas awalnya terus nanya di Jepang lagi apa dsb. Karena aku pake kerudung, mereka tau kalo aku lagi puasa waktu itu (kebetulan Ramadhan) dan akhirnya nanya macem-macem kayak ngobrol sih sebenernya. Kejadian yang kedua juga di bandara tapi yang di Osaka. Yang nyegat waktu itu pak polisi (kalo yang ini udah berumur) dan nanya kartu identitas terus di Jepang mau ngapain gitu, yaa mirip-mirip lah. Nah y…

Budaya Zangyō (残業) di Jepang

Image
Setelah baca artikel ini tentang cara kerja orang Jerman rasanya heran banget kenapa ya Jepang nggak bisa kayak gitu? Kenapa orang Jepang mesti zangyo (lembur)? Apakah memang semua tempat kerja atau instansi di Jepang mengharuskan lembur? Apakah bekerja hingga larut malam sudah menjadi budaya dan aturan tidak tertulis bagi orang Jepang? Jujur saja salah satu hal yang saya benci di Jepang ini adalah adanya lembur dimana-mana, tidak hanya untuk para pekerja tapi pelajar seperti saya pun juga harus lembur.
Dalam artiket di atas disebutkan bahwa ada 4 alasan mengapa orang Jerman bisa bekerja efektif. Yang pertama adalah jam kerja berarti jam kerja dan yang kedua adalah punya tujuan yang jelas. Saat jam kerja ya fokus kerja, jangan melakukan sesuatu diluar itu seperti mengobrol dengan rekan kerja hal-hal yang berkaitan di luar pekerjaan atau sibuk berselancar di internet. Saya sangat yakin kalau orang Jepang punya 2 poin di atas. Mereka adalah orang-orang yang pandai berencana dan bagus d…

名大おめでとう!

Image
October 21, 2014 1:00 pm JST The golden age of Nagoya University? YOSHIO NAGATA, Nikkei senior staff writer, and WATARU NAKAGAWA, Nikkei staff writer
TOKYO/NAGOYA -- Nagoya University has been propelled into the limelight after two of its professors, Isamu Akasaki and Hiroshi Amano, won this year's Nobel Prize in physics for their work on blue light-emitting diodes. The university has produced six Nobel winners in the science categories, the third most in Japan behind Kyoto University and University of Tokyo.      Nagoya University was the last of Japan's seven "former imperial universities" to be founded. Its name is not as widely recognized as some of Japan's other prestigious universities. But people in Nagoya believe the institution's golden age has arrived. Campus celebrations A banner congratulating the professors hangs from the Akasaki Institute at Nagoya University.  The institute, which is named after the Nobel winner, also includes a gallery outlining Akas…